Date

Minggu, 01 April 2012

BAB 2

Bab 2 --> Perangkat Jaringan dan Koneksi Internet
1. Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer individu (personal computer) yang dihubung – hubungkan dengan menggunakan protokol Transmission Control Protocol/internet Protocol (TCP/IP).
2. Local Area Network (LAN) merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai 10 km.
3. Metropolitan Area Network (MAN) terdiri dari dua atau lebih jaringan LAN yang dihubungkan bersama – sama dalam batas maksimalnya 80 km. 
4. Wide Area Network (WAN) adalah jaringan yang mempunyai jangkauan area yang sangat luas, misalnya antar pulau, negara, dan benua, bahkan ke luar angkasa. 
5. Untuk membuat sambungan internet dengan dial up connection diperlukan unit komputer, modem, dan jaringan telepon.
6. Untuk membuat jaringan dengan lassed line diperlukan alat tambahan berupa router.
7. Untuk membuat sambungan internet dengan hubungan wireless diperlukan alat tambahan berupa antena wireless.
8. Topologi Bus karakteristiknya tidak diperlukan hub, yang banyak diperlukan adalah T-connectorpada setiap  ethernet card
9.   Topologi bintang (star) karakteristiknya jika salah satu ethernet card  rusak, atau salah satu kabel pada terminal putus, maka satu kabel pada terminal putus, maka keseluruhan jaringan masih tetap bisa berkomunikas atau tidak terjadi pada  down pada jaringan keseluruhan tersebut.
10. Topologi cincin (ring)  jika salah satu node rusak, maka seluruh node tidak bisa berkomunikasi dalam jaringan tersebut.
11.  Topologi Mesh karakteristiknya memiliki hubungan yang berlebihan antara peralatan – peralatan yang ada. 
12.  Topologi pohon (tree) merupakan bentuk yang lebih luas dari topologi bintang. Seperti halnya topologi bintang, perangkat yang ada pada topologi pohon juga terhubung kepada sebuah pusat pengendali (central HUB) yang berfungsi mengatur lalu lintas di dalam jaringan. 

0 komentar: